About

Afgansyah Reza

 

Terlahir dalam keluarga yang mencintai musik, cowok bernama lengkap Afgansyah Reza atau akrab disapa Afgan ini pun terus menunjukkan kecintaannya terhadap musik pula. Penyanyi berdarah Minangkabau ini lahir di Jakarta pada tanggal 27 Mei 1989.

Afgan memulai debutnya lewat album bertajuk Confession No. 1 pada tahun 2008, setelah ditemukannya Afgan oleh seorang produser sebuah studio rekaman.  Lewat single pertamanya Terima Kasih Cinta, Afgan berhasil mencuri perhatian penikmat musik Indonesia yang kemudian disusul oleh single berikutnya Sadis yang nggak kalah populernya.  Tak butuh waktu lama single single Afgan dari album perdananya langsung menempati posisi tertinggi di beberapa charts radio dan televisi.

Setelah di tahun 2009 Afgan hanya mengeluarkan mini album, tahun 2010, Afgan meluncurkan album keduanya The One dan di tahun ini pula Afgan juga menjajal dunia akting dalam film Cinta 2 Hati.  Dalam film ini Afgan juga turut andil dalam mengisi soundtrack film tersebut dengan judul yang sama. Lama tak mengeluarkan full album di tahun 2013 Afgan kembali menunjukkan eksistensinya di dunia musik dengan merilis album yang berjudul L1VE TO LOVE, LOVE TO L1VE, di album ini Afgan merilis juga beberapa single seperti Pesan Cinta, Jodoh Pasti Bertemu, Sabar, Untukmu Aku Bertahan.

Prestasi yang diraih Afgan pun tak main – main, pada kemunculan pertamanya di industri musik Afgan langsung menyabet dua penghargaan sekaligus di MTV Indonesia Awards 2008 dan album perdananya Confession No. 1 mendapat Platinum Awards. Tak ketinggalan penghargaan dari negeri tetangga pun di dapat Afgan dalam ajang Anugrah Planet Muzik 2009.  Begitu pula ditahun tahun berikutnya Afgan terus berhasil merebut penghargaan penyanyi terfavorit, dalam beberapa ajang penghargaan seperti SCTV Music Awards, Dahsyat Awards, Indosat Awards, Indigo Awards, Indonesia Kids Choice dan beberapa penghargaan lainnya. Tak hanya itu Afgan juga didaulat menjadi duta Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di tahun 2014 serta dinobatkan sebagai Pemuda Pelopor Berprestasi Tingkat Nasional 2014 dalam bidang seni dan budaya oleh Mentri Pemuda dan Olahraga Indonesia.

Ada satu mimpi yang Afgan impikan sejak ia menjadi seorang penyanyi dan ini menjadi mimpi semua penyanyi, ia pun mengharapkan sebuah konser tunggal yang akan terjadi suatu saat nanti. Terbukti, di tahun ke-7 nya berkarier, ia pun sukses menggelar konser tunggal bertajuk “DARI HATI” yang juga diiringi oleh Erwin Gutawa Orchestra pada 14 Februari 2015 yang diselenggarakan di Plenary Hall Jakarta Convention Center.

Di awal tahun 2015, Afgan membuat sebuah sejarah di kariernya yaitu sebuah konser tunggal dan sekaligus merilis single baru berjudul Knock Me Out.